Pemain Bola Eropa Yang Beragama Islam

Di daratan Eropa sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling di minati. Banyak klub-klub besar yang merajai di liga nya masing-masing. Kalau kita bicara soal keyakinan dan agama, pasti setiap pemain bola mempunyai keyakinan dan kepercayaan atas agama yang di anut.


Di klub-klub besar Eropa tidak sedikit pemain yang beragama muslim. Nama-nama besar pun ada di dalam daftar pesepakbola eropa yang beragama Muslim. Mereka di antaranya adalah Frank Ribery (Bayern Muenchen), Zlatan Ibrahimovic (Barceolona), Samir Nasri (Arsenal), Robin van Persie (Arsenal), Nicolas Anelka (Chelsea), Kolo Toure (Manchester City) dan adiknya Yaya Toure (Barcelona), serta masih banyak lagi pemain yang beragama muslim. Di Liga-liga besar eropa pemain bola yang tercatat sebagai pemain yang beragama muslim lebih dari 100 pemain, baik yang bermain di Liga Inggris, Spanyol, Italia, German, Belanda, Portugal, Prancis, Yunani, Turki atau pun liga-liga besar lain nya.


Franck Ribery adalah salah

satu pemain muslim yang berstatus Mualaf, Ribery di ketahui seorang mualaf saat ia memperkuat klub Liga Turki Galatasaray, dan dia juga menikahi wanita Muslim asal Maroko yang bernama Wahiba Belhami. Nama Ribery mulai bersinar saat ia masuk Timnas Prancis 2006 yang saat itu juga ia memperkuat Prancis di Piala Dunia 2006 di German. Permainan dia yang memikat membuat klub-klub besar Eropa ingin memboyong nya. Namun di Bayern Muenchen lah akhirnya ia bergabung. Ribery mempunya kebiasaan unik di lapangan sesaat sebelum bertanding, ia selalu menadah kan tangan nya ke atas langit untuk memohon Do’a kepada Allah. Ribery mengaku merasa tenang setelah melakukan ibadah sholat.


Selain Ribery, masih ada lagi pemain prancis yang beragama Muslim. Nicolas Anelka pemain Chelsea yang sempat memperkuat Real Madrid, Liverpool, Fernebache, dan Bolton juga seorang Muslim Mualaf, ia masuk Muslim pada saat ia memperkuat klub turki Fernebache dan mempunyai nama muslim Abdul Salam Bilal. Samir Nasri pemuda yang lahir di kota Marseille salah satu kota komunitas Muslim terbesar di Prancis. Nasri adalah pemain yang beroperasi di lini tengah, nama Samir Nasri sempat di kaitkan dengan Zinedine Zidane yang juga seorang Muslim karena karakter permainan nya hampir mirip dengan legenda Prancis itu. Karim Benzema, Lilian Thuram, Eric Abidal, dan Djibril Cisse adalah salah satu nama besar asal prancis yang beragama muslim.















Zlatan Ibrahimovic adalah salah satu pemain Muslim yang paling bersinar di Seri A Italia atau pun di Eropa. Ibrahimovic adalah seorang striker andalan Inter Milan atau pun Timnas Swedia, namun saat ini dia telah memperkuat Barcelona. Ibra adalah panggilan singkat pemain yang lahir dan besar di kota Malmo ini, kota terbesar ketiga di Swedia, dan tempat komunitas Muslim terbesar di Swedia. Ibra adalah seorang imigran di Swedia dari Ayah nya yang berkewarganegaraan Bosnia dan Ibu nya yang keturunan Kroasia. Ayahnya menganut agama islam, sedangkan ibunya dan istrinya menganut agama kristen. Ibra sendiri tidak pernah mengungkapkan secara jelas apa agama yang dia anut. Ibra merupakan pemain yang berskill komplit dan mempunyai teknik mencetak gol-gol spektakuler.


Di Belanda ada beberapa nama besar pemain bola yang bergama muslim, yaitu Khalid Bouhlarouz (Stuttgart), Ibrahim Affelay (PSV Eindhoven), Wilfred Bouma (Aston Villa), dan Robin van Persie. van Persie adalah seorang Mualaf, ia di ketahui masuk Islam setelah menikahi gadis keturunan Belanda dan Maroka yang bernama Bouchra.



Berikut adalah nama-nama besar lain yang masih bermain di liga-liga Eropa:


· Kolo Habib Tour√© (Manchester City)

· Yaya Toure (Barcelona)

· Robin van Persie (Arsenal)

· Nicholas Anelka (Chelsea)

· Mohammed Sissoko (Juventus)

· Ahmed Mido Hossam (Middelesbrough)

· Franck Riberry (Bayern Muenchen)

· Hamit Antiltop (Bayern Muenchen)

· Frederik Kanoute (Sevilla)

· Mahamaddou Diarra (Real Madrid)

· Eric Abidal (Barcelona)

· Sulley Ali Muntari (Inter)

· Zlatan Ibrahimovic (Barcelona)

· Hassan Salihamidzic (Juventus)

· Khalid Boulahrouz (Stuttgart)

· Salomon Kalou (Chelsea)

· El-Hadji Diouf (Sunderland)

· Tuncay Sanli (Middelesbrough)

· Samir Nasri (Arsenal)

· Karim Benzema (Real Madrid)

· Amir Zaki (Wigan)

· Mohammad Zidan (Hamburg)

· Nwankwo Kanu (Portsmouth)

· Patrick Viera (Inter)

· Seydou Keita (Barcelona)

· Stephen Appiah (Fernebache)


Ada beberapa kisah unik dari para pemain muslim ini:

  • Stephen Appiah, sempat bingung di awal karirnya di Italia karena sulit menemukan makanan yang halal.
  • Frederic Kanoute sempat menolak memakai kostum klub yang disponsori situs rumah judi bahkan hingga ditutupi. Belakangan setelah berkonsultasi dengan penasehat spiritualnya dia melunak. Karena sponsor klubnya menjanjikan bahwa sebagian keuntungan digunakan untuk sosial. Kanoute juga pernah menyelamatkan sebuah Masjid di Sevilla yang hampir di runtuhkan. Dia juga pernah melakukan Celebrasi Gol nya dengan mengibarkan bendera Palestina, sampai akhirnya ia di kenakan kartu kuning oleh wasit.
  • Rami Shaaban mengaku hidup dengan panduan Al Quran. Kiper timnas Swedia ini senantiasa melafalkan beberapa ayat sebelum bertanding.
  • Eric Abidal adalah seorang Muslim yang taat, di ketahui ia sering membawa Al-Quran di tas nya kemana pun ia pergi atatu pun saat ia berlatih dan bertanding di lapangan.
  • Kolo Toure mengaku sering kesulitan berpuasa saat bulan Ramadhan dating karena tak kuat fisik apabila ada pertandingan pada saat bulan ramadhaan. Ia menuturkan akan menggantikan puasa nya di bulan lain, “Allah pasti paham, karena ia Maha Mengerti dan Maha Pemurah,” tutur kakak dari Yaya Toure.
  • Franck Ribery setiap sesaat sebelum bertanding di lapangan hijau ia selalu mengadahkan tangan nya ke langit untuk berdoa kepada sang pencipta.
  • Samir Nasri mengaku tidak puasa saat ia di pasang oleh pelatih Raymond Domenech di Babak Kualifikasi Piala Dunia Afrika Selatan, Bulan September tahun lalu.
  • Zinedine Zidane mengaku “Non-practicing Muslim” (tidak mempraktekkan ajaran Islam)