Antena "WAJAN BOLIC"

Nah..kemarin tanggal 18 Mei 2009 saya dan kawan-kawan membuat antena wajan bolic di sekolah saya,bisa di tarik kesimpulannya adalah seperti berikut..tapi sebelumnya maaf kalau ada yang salah iah..!! yang kemarin saya buat adalah..

>>
Alat dan bahan :
1) Wajan (15 cm)
2) Pipa paralon (3 inci) + dop (2 buah)
3) Mur + baut
4) Almunium voil
5) Kabel UTP + USB
6) Gergaji besi
7) Solder + Timah
8) Bor
9) USB Wireless
10) penggaris / meteran


>>
Langkah Kerja :
Ukur titi fokus wajan dengan menggunakan penggaris / meteran, setelah menemukan titik fokusnya, lubangi wajan dengan bor serta lubangi juga salah satu tutup dop pada titik tengahnya menggunakan bor juga. Setelah itu lakukan pemotongan pada paralon yang sudah diukur dengan rumus menggunakan gergaji besi. Setelah itu tentukan lubang USB (dengan rumus) pada paralon dan lubangi sesuai dengan ukuran port USB Wireless tersebut.

Langkah selanjutnya adalah merekatkan / menempelkan almunium voil pada bagian yang sudah diukur dengan rumus, tidak lupa juga bagian dari salah satu dop (yang tidak dilubangi) diberi almunium voil pada bagian dalamnya.


Selanjutnya adalah menyatukan kabel UTP pada USB dengan susunan warna yang sesuai. Setelah semua kabel telah disatukan sesuai dengan susunan warna, lalu rekatkan menggunakan timah yang telah dipanaskan oleh solder. Pastikan semua kabel telah terpasang dengan baik dan benar.


>>
Langkah akhir :
Setelah semua alat telah terpasang dengan baik, maka selanjutnya adalah menyatukan semua bahan mulai dari menyatukan salah satu tutup (tanpa almunium voil) dengan wajan menggunakan mur dan baut. Setelah disatukan, pasang pipa paralon yang telah diukur ke arah salah satu tutup dop yang telah terpasang ke wajan (Posisi pipa adalah yang terpasang almunium voil letakan diluar wajan,yang tidak terpasang letakan di dalam wajan). Setelah terpasang, masukan USB Wireless ke dalam pipa dan keluarkan kepala USB melalui pipa yang telah dilubangi. Setelah itu tutuplah pipa paralon menggunakan tutup dop yang telah terpasang almunium voil pada bagian dalamnya.

Langkah selanjutnya, colokan salah satu port kabel USB yang telah disambungkan ke kabel USB ke arah USB Wireless yang keluar lewat pipa wajan, colokan salah satu port lainnya ke komputer / laptop. Selanjutnya install Driver dari USB wireless tersebut. setelah terinstall Drivernya, lalu
langkah selanjutnya adalah mencari sinyal menggunakan wajan bolic yang telah selesai di buat tersebut. Jika mendapatkan sinyal Wireless dengan baik, maka wajan bolic tersebut telah berhasil dan siap digunakan.keuntungan dari wajan Bolic adalah dapat menangkap sinyal kurang dari 2 Km.

NB : Jangan lupa setting IP untuk mendapatkan DNSnya

>>
Susunan Warna Kabel :

-- UTP --------- USB --
P.Orange ----- Merah
Orange ------- Merah
P.Hijau ------- Putih
Hijau --------- Hijau
P.Biru -------- Hitam
Biru ---------- Hitam
P.Cokelat ---- Hitam
Cokelat ------ Hitam




sumber : www.fly-ens.co.cc