Guitar for You

Gitar Untukmu “Guitar for You” bukan berarti gw mau ngasih gitar buat lo, tapi gw cuma mo ngasih sedikit cara-cara bermain gitar yang baik dan benar menurut pandangan gw “Badarrudin Nento” hhehe,..walaupun level permainan gitar gw masih “gimana gitu”...

Jreng....yang paling penting buat lo yang pengen banget bisa maen gitar atau mau belajar gitar adalah mempunyai jiwa musik, jangan putus asa untuk latihan (jangan menyerah “LANJUTKAN”), sering-sering maenin lagu-lagu yang rumit, banyak nanya sama yang udah Master (ingat : “malu bertanya, ga bakal di jawab”wkwkwkwk), tapi yang kali ini pengen gw bagi adalah ilmu-ilmu gitar yang udah menengah.

Jreng…selanjutnya gw mo ngasih tau apa aja teknik-teknik dalam permainan gitar. Ada beberapa teknik yang harus di kuasai oleh para gitaris, teknik tapping, hammer, sweeping, bending, sliding, vibrato, arpeggio, picking, pull-off, dan masih banyak lagi, tuh pusing kan lo, emang gitu adanya kawan..di bawa santai aja ;)
Gw cuma mo kasih tau teknik-teknik yang gw kuasai aja, soalnya ada sebagian teknik-teknik di atas yang belom gw kuasai arti dan maknanya..hehehe

Tapping : Caranya lo memainkan jari lo dengan cara memencet-mencet ke fret-fret gitar dengan menggunakan jari-jari lo yang di tangan kanan. Contohnya, lo maen suatu teknik tapping di fret ke 7 dan 9. Terus langsung tekan fret ke 11, tapi pake jari telunjuk tangan kanan. Hehe buat yang masih suka keserimpet jangan takut, ”As I always say practice makes perfect”. Teknik ini bukan hanya milik para Gitaris Rock loh, tapi teknik ini juga bisa di pake saat lo maenin gitar Akustik, contohnya kayak Trace Bundy yang bawain instrument canon versi akustik menggunakan teknik ini.

Hammer : Kalo yang ini sih juga ga susah-susah amat, Hammer itu artinya Palu, berarti maennya dengan cara memukul, tapi bukan berarti gitarnya lo pukul pake palu. Bayangkan aja lo menekan senar 3 fret 10 dengan menggunakan jari telunjuk tangan kiri, Trus lo petik senar tersebut. Tweng,,..~ pas senarnya masih ada suaranya, langsung tekan senar 3 fret 12 pake jari tengah tangan kiri, tapi jari telunjuknya jangan dilepas. Suaranya beda kan ? gak seperti kalo memetik biasa, Nah itu yang di sebut Hammer.

Sweeping : Sweeping artinya menyapu, dan artinya juga lo memainkan ini dengan cara seperti menyapu, dengan menggunakan semua jari tangan kiri lo kecuali jempol, lo mesti melakukan teknik ini dengan cepat, tapi tergantung lagu juga sih cepet atau lambatnya. Kayanya segitu aja deh, soalnya teknik ini gw belom lancar bener maeninnya, hhehe.. “I always be more practice to perfect”

Bending : Nah klo yang ini “Is Simple Is Eazy” gampang dan mudah kok, tapi ini menurut gw. Sesuai dengan namanya artinya adalah melenturkan. Cara memainkannya menggeser(bisa menggeser ke atas ataupun kebawah) satu senar tetap dalam fret tersebut dengan menggunakan 3 jari sekaligus jari telunjik, jari tengah dan jari manis. Kenapa mesti pake 3 jari?karena agar melenturkan keatasnay lebih mudah, kalo cuma menggunakan jari telunjuk agak susah., gunanya untuk memainkan nada tapi tetap dalam 1 fret dengan menaikan 1 not (1 kunci). Teknik di pake buat memainkan melodi. Caranya, kalo lo main melodi di fret 12 di senar 12, lo geser ke atas dengan tetap dalam keadaan di tekan senar terserbut, pasti suaranya akan naik 1/2 atau 1 not. Teknik ini cuma variasi untuk memantapkan sebuah melodi pada gitar.

Sliding : Kalo yang ini gak jauh beda sama Bending, beda artinya doank, kalo bending artinya melenturkan sedangkan sliding artinya menggeser. Intinya sama aja, untuk menaikan nada pada saat memainkan melodi, bedanya adalah lo memainkannya menggeser ke fret berikutnya yang lebih tinggi. Contohnya lo maenin teknik ini di senar 2 dengan menekan fret 8 menggunakan jari telunjuk dengan cara di petik, nah pada saat senarnya masih berbunyi, jari telunjuk lo langsung geser ke fret yang lebih tinggi.

Picking : Teknik ini di gunakan dengan cara menggunakan “pick”, menggunakan pick gak sembarangan dan gak asal genjreng aja loh, tapi ada teknik-teknik yang mesti di ketahui. Untuk yang ini gw belom bisa jelasin, soalnya ngejelasinnya susah coy, lagi pula gw jarang maen pake pick,hehehhe.


Untuk kali ini cuma segini yang bisa gw jelasin. Tapi lo jangan terlalu percaya seutuhnya sama gw, karena gw bukan gitaris handal, gw hanya anak remaja yang hobi memetik gitar dan biasa memainkan lagu-lagu melankolis, hehhe ^_^. Kesimpulannya Untuk Jadi Seorang Gitaris lo mesti punya Jiwa Musik, Latihan pastinya, belajar sama orang-orang terhebat kayak macam Joe Satriani, Steve Vai, Tohpati, Dewa Budjana, hahaha ketinggian banget.
........

Thanks Ya Kawan…