Kenapa ( HARUS ) memakai LINUX ?

DuUuH..di rumah saya bertengkar melulu soal OS yang akan digunakan,saya tetap memilih LINUX,tapi SAUDARA saya memilih OS lain..ini adalah alasan Saya dalam menggunakan LINUX.

Banyak orang bertanya-tanya apa kelebihan LINUX,apa manfaat LINUX,dan mengapa harus menggunakan LINUX di banding OS yang lain..!? Pertanyaan itu sering di lontarkan oleh para kaum yang masih belum mengerti tentang LINUX..diSini saya akan menjelaskan jawaban2 yang sering muncul dibenak anda..

>> Sebenarnya tak ada seorangpun yang melarang anda menggunakan OS LINUX dll.Karena LINUX bersifat :

  • Free - Karena memang sifatnya yang opensource, distro linux bisa didapatkan secara gratis, Saya tidak perlu lagi mamakai barang haram bajakan karena tidak mampu membeli lisensinya. sehingga bisa bekerja dengan tenang tanpa takut dosa karena mencuri hak orang lain.
  • Complete - Karena sudah bisa mendapatkan semua softwer yang saya butuhkan di linux. sekali instal suatu distro linux, semua kebutuhan komputasi saya bisa terpenuhi, tanpa perlu pusing mencari driver2 untuk hardware maupun mencari crack untuk sopwer haram bajakan. bisa dibilang, apapun yang softwer yg anda pake di winshit, selalu ada padanan-nya di linux.
  • Stable - Karena memang Linux sangat stabil, tidak perlu bolak-balik tekan tombol ajaib (reset) karena komputer hang, kejadian hang di mesin linux adalah kejadian luar biasa, sangat jarang terjadi, bahkan server linux di kantor saya, sudah 3 tahun tidak pernah restart sekalipun, jalan 24 jam sehari nonstop. tidak seperti winshit yng bisa dipastikan hang kalo kita terlalu banyak me-load aplikasi2. Selain itu, tidak perlu membuang-buang waktu untuk rajin melakukan defragmenting, cleaning registry dan lain2 agar sistem tetep berjalan normal.
  • Secure - Karena memang linux relatif bebas virus, trojan, malware dll, jadi saya tidak perlu selalu waspada terhadap serangan2 hal2 tersebut. juga tidak perlu untuk mengingat-ingat untuk selalu apdet antivirus.
  • Community - Komunitas pengguna Linux sangat luar biasa. misal saya mengalami masalah teknis berkaitan dengan desktop ubuntu atau server saya, saya tinggal melempar masalah tersebut ke milis komunitas. dalam hitungan jam, biasanya masalah saya teratasi. Bandingkan dengan winshit, coba anda kirim email ke mikocok tentang masalah teknis yg anda hadapi, beri tahu saya kalo anda mendapat respon yg memuaskan.

Jawaban di atas adalah jawaban yang standar untuk menjawab kelebihan2 LINUX..Ada alasan2 lain yang sepertinya hanya bisa dimengerti oleh linuxer atau fans berat linux, yaitu :

  • Open Source Based - maksudnya adalah OS linux ini dikembangkan secara gotong royong oleh programmer2 di seluruh dunia tanpa motif ekonomis. Jadi tentu saya maupun anda lebih percaya pada OS yang dikembangkan oleh komunitas pengguna yg concern dan idealis, daripada OS yang dikembangkan oleh suatu perusahaan yg jelas2 bermotif ekonomis, yg bertujuan mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya.
  • Total Control - Linux memungkinkan kita untuk sepenuhnya mengontrol aktivitas komputasi kita. Pernahkah anda mengalami hang di suatu aplikasi winshit dan kita berusaha menutup aplikasi tersebut tanpa harus merestart komputer karena di saat yg sama kita belum sempat men-save hasil pekerjaan kita pada aplikasi lain yang jalan bersamaan? kadang berhasil, kadang kita tidak bisa melakukan apa2 kecuali restart. Hal ini tidak akan terjadi di linux, misalkan suatu aplikasi hang, tidak akan mempengaruhi aplikasi lain yang jalan bersamaan.
  • Personalized - Wajah dan penampilan mesin linux bisa kita custom semau kita, sesuai kebutuhan kita. bahkan kalo kita mampu, kita bisa mendesain ulang secara total penampilan dan isi desktop kita, atau singkatnya, kita bisa membuat sebuah distro linux versi kita sendiri.
  • Fun - ngoprek linux sangat menyenangkan, linux membuat para pengguna banyak belajar. Bagi saya, adalah sebuah tantangan untuk memperbaiki apabila misalnya sebuah hardware belum berjalan normal di mesin linux. di winshit? bila suatu hardware tidak kita temukan drivernya, mangka Craklah hardware itu..!!
Diatas adalah beberapa alasan Saya agar tetap menggunakan LINUX sebagai OS saya..meskipun saya sendiri di rumah masih sering bertengkar soal OS apa yang saya gunakan..ya biasalah,sodara2 Saya masih belum mengerti soal LINUX meskipun saya udah sering menjelaskan..!! jadi gunakan LINUX..

katakan : Kami cinta Bajakan,eh salah maksudnya kami cinta LINUX
Jika anda punya pendapat lain silahkan mengisi kotak Comment yang saya sediakan...!!