Tugas Softskill 2

Arsitektur Web

Arisitekur menurut bahasa adalah cara atau ilmu untuk membuat dan mendesain suatu karya agar karya tersebut bisa menjadi lebih bagus dan mempunyai suatu nilai estetika. sedangkan Website atau situs juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website. Contoh website statis adalah berisi profil perusahaan, sedangkan website dinamis adalah seperti Friendster, Multiply, dll. Dalam sisi pengembangannya, website statis hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja, sedangkan website dinamis bisa diupdate oleh pengguna maupun pemilik.
 jadi Arsitektur Web adalah sebuah bentuk perancangan dan pendesainan dari arsitektur itu sendiri, dimana ia melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. 

Aplikasi
Aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.

1.      Protocol
Protocol adalah sekumpulan peraturan atau perjanjian yangmenentukan format dan transimi data. Layer di sebuah computer akanberkomunikasi dengan layer di computer yang lain. Peraturan danperjanjian yang di pergunakan dalam komunikasi ini sering di sebutdengan protocol layer .Selain itu protokol juga berfungsi untuk memungkinkan dua atau lebihkomputer dapat berkomunikasi dengan bahasa yang sama.
Hal–hal yang harus dipehatikan dalam protokol adalah sebagaiberikut:
·         Syntax, merupakan format data dan cara pengkodean yangdigunakan untuk mengkodekan sinyal.
·         Semantix, digunakan untuk mengetahui maksud dari infomasi yang dikirim dan mengoreksi kesalahan yang terjadi dariinformasi tadi.
·         Timing, digunakan untuk mengetahui kecepatan transmisi data.

Selama dua dekade terakhir, terjadi peningkatan besar dalam jumlahdan ukuran jaringan computer (network). Banyak diantara network-network ini dibangun berdasarkan implementasi software danhardware yang berbeda. Sebagai hasilnya, mereka menjadiincompatible dan sulit berhubungan antara satu dengan yang lain.

2.      HTTP
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee. Hingga kini, ada dua versi mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 yang dapat menggunakan koneksi yang sama untuk melakukan transaksi. Dengan demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak usah membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.

3.      HTML
HTML, yang merupakan singkatan dari HyperText Markup Language, adalah dominan bahasa markup untuk halaman web . A markup language is a set of markup tags, and HTML uses markup tags to describe web pages . Sebuah bahasa markup adalah seperangkat tag markup, dan HTML menggunakan tag markup untuk menjelaskan halaman web.

4.      Internet
Internet adalah sebuah jaringan komputer yang terdiri dari berbagai macam ukuran dan jenis jaringan komputer di seluruh dunia. Jaringan-jaringan komputer ini saling berhubungan dan berkomunikasi satu sama lain melalui bantuan telepon dan satelit, yang digunakan untuk keperluan pemerintahan, pendidikan, perdagangan, ilmu pengetahuan dan perorangan.
Untuk dapat terhubung dengan internet kita wajib memiliki perlengkapan sebagai berikut:
  • PC, baik desktop, laptop maupun palmtop atau bahkan telepon selular (handphone) yang dilengkapi fasilitas WAP (Wireless Application Protocol).
  • Modem, boleh internal ataupun external.
  • Sambungan telepon.
  • Internet Service Provider (ISP).

5.      Web Server
Web Server adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTPatau HTTPS dari klien/user  yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Web Server yang terkenal diantaranya adalah Apache dan Microsoft Internet Information Service (IIS). Apache merupakan server web antar-platform, sedangkan IIS hanya dapat beroperasi di sistem operasi Windows.

6.      Browser Transaction 
Browser Transaction  adalah software atau program yang digunakan untuk menjelajah internet dan untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi.

7.      User
User atau Pengguna adalah seseorang yang menggunakan atau menjalankan system sesuai kebijakan penggunaan. Kebijakan penggunaan system didapat dari Sistem Administrator sesuai kebutuhan dan fungsi User. User hanya dapat melihat data yang ditampilkan sesuai akun.

8.      Generate Content
Generate Content yaitu konten yang dihasilkan dari user atau penggunanya sendiri. Situs-situs yang populer kini pun banyak mengandalkan Generate Content untuk selalu menjadi situs yang up-to-date. Pemilik situs hanya membuat perbaikan atau perubahan yang dianggap perlu saja. Sementara update informasi dan segala interaksi di dalam situs tersebut justru berasal dari partisipasi aktif para penggunanya, sehingga orang selalu dan terus-menerus tertarik untuk mengunjungi situs tersebut.

9.      Blogs
Blog berasal dari kata Web dan Log (WEBLOG) yang berarti catatan online (yang berada di web). Pengertian yang lebih lengkap, blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi

Ciri-ciri :
Berikut adalah ciri-ciri blog secara umum
1.                  Memiliki Nama dan Alamat yang bisa diakses secara online
2.                  Memiliki tujuan
3.                  Memiliki isi atau postingan yang berupa artikel, catatan, dan informasi lainnya
4.                  Postingan atau isi blog terarsip (tersimpan sesuai tanggal, bulan dan tahun posting)
5.                  Isi Blog umumnya selalu bertambah atau terupdate sesuai dengan tujuan blog
Tujuan Blog Secara Umum, antara lain :
·                     Menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun bagi orang lain
·                     Memberikan keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain
·                     Menyalurkan hobby dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif
·                     Berkarya atau aktualisasi diri
·                     Saling bertukar pengetahuan dengan pembaca dan Berbagi pengalaman 
·                     berbagi software berguna, seperti foto, film/video, dokumen, dsb

10.  Wikis
Wiki adalah sebuah situs web (atau koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang memperbolehkan penggunanya menambah atau mengubah isi situs tersebut. Istilah ini juga dapat merujuk kepada software kolaboratif yang digunakan untuk menciptakan situs web semacam itu.

11.  Social Network
Social network atau jejaring social adalah media yang dipergunakan oleh user untuk berinteraksi dengan orang lain melalui dunia maya dimana pun dia berada. Disana kita bisa mengirim pesan, foto, video ataupun informasi lainnya tergantung dari sifat social media tersebut, bisa harus menjadi teman dahulu atau yang sifatnya open ( bisa dibuka siapa saja ).
Adapun contoh social networking yang ada pada saat ini seperti, Facebook, Twitter, Foursquare, MySpace,Yahoo Messenger, dll.

12.  Floksonomies
Folksonomies adalah sebuah metode untuk menciptakan dan mengatur tag yangmenjelaskan dan mengategorikan content. Tag tersebut umumnya merupakanhyperlink yang akan mengarahkan Anda pada sekumpulan item yangberhubungan dengan tag tersebut. Bentuk tag tidak selalu harus berupa teks,tetapi dapat juga berupa image. Sekumpulan tag yang saling terkait denganpersamaan bentuk sering juga disebut tag cloud, umunya tag cloud memiliki 30hingga 150 tag.

13.  Web Security
Web Security adalah cara mengamankan aplikasi web yg dikelola, biasanya yg bertanggung jawab melakukannya adalah pengelola aplikasi web tersebut.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Aplikasi
http://handbook.wikidot.com/id:what-is-a-wiki-site