Pengertian Pixel dan 2D VS 3D

Pengertian Dari Pixel - Picture Element

Pixel adalah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuahgambar grafis yang dihitung per inci. Pixel sendiri berasal dari akronim bahasa Inggris Picture Element yang disingkat menjadi Pixel. Pada ujung tertinggi skala resolusi, mesincetak gambar berwarna dapat menghasilkan hasil cetak yang memiliki lebih dari 2.500titik per inci denga pilihan 16 juta warna lebih untuk setiap inci, dalam istilah komputer berarti gambar seluas satu inci persegi yang bisa ditampilkan pada tingkat resolusitersebut sepadan dengan 150 juta bit informasi.Monitor atau layar datar yang sering kita temui terdiri dari ribuan pixel yang terbagidalam baris-baris dan kolom-kolom. Jumlah pixel yang terdapat dalam sebuah monitor dapat kita ketahui dari resolusinya. Resolusi maksimum yang disediakan oleh monitor adalah 1024x768, maka jumlah pixel yang ada dalam layar monitor tersebut adalah 786432 pixel. Semakin tinggi jumlah pixel yang tersedia dalam monitor, semakin tajamgambar yang mampu ditampilkan oleh monitor tersebut.

Mengenal Pixel dan Resolusi
Kalo kamu banyak mengulik dunia grafis dan fotografi, pasti banyak nemuin istilah pixel dan resolusi dan kamu juga pasti tau apa artinya tapi kadang ada juga orang awamyang rancu mengartikan pixel dan resolusi.. Tampak sepele memang… mengenal pixeldan resolusi… tapi coba aja ditanyakan… apa itu pixel? apa itu resolusi? apa bedanya?apa hubungannya? mungkin ga banyak orang tau atau bisa ngejelasinnya… maka disini carra coba buat menjabarkannya… Semoga bermanfaat ga cuma buat paranewbie… tapi juga buat semuanya yang membutuhkan.

Apa itu pixel ?
Kalo kamu memperbesar foto atau gambar yang diambil dengan kamera digital, kamubakalan liat bahwa gambar atau foto terbentuk dari kumpulan kotak-kotak kecil. Kotak-kotak kecil itu merupakan unit terkecil dari sebuah foto atau gambar. Kotak-kotak kecilitulah yang disebut pixel. Setiap pixel memiliki 1 warna dan tersusun berimpitan satusama lain. Ilusi optik menyebabkan mata kita menangkap komposisi pixel-pixel itusebagai suatu gambar utuh. Ketika kamu mengolah di suatu daerah gambar atau foto,sebenernya kamu lagi mengolah pixel dalam daerah tersebut. Kualitas akhir dari suatufoto atau gambar yang diolah ditentukan oleh seberapa baik kamu mengubah pixel-pixel tersebut.

Grafik 2D vs 3D

A. 2D
Objek grafik 2 dimensi adalah sekumpulan titik-titik 2 dimensi yangdihubungkan dengan garis lurus, baik berupa polyline, polygon atau kurva. Objek grafik 2 dimensi didefinisikan sebagai kumpulan titik 2 dimensi yang secara komputasi dinyatakan sebagai array 1D, atau linkedlist sesuai dengan struktur data yang digunakan dalam menyatakan kumpulan titik 2D ini. Objek grafik dimensi juga adalah gambar 2 dimensi yang  sumbu x dan sumbu y, atau sumbu koordinat cartesius dua dimensi. Dua sumbu yang saling bertegak lurus antar satu dengan yang lain, yang keduanya terletak dalam satu bidang (bidang xy).

Sedangkan Grafik komputer 2D adalah sebuah generasi gambar digital berbasis komputer, yang kebanyakan mengambil objek-objek dua dimensi (2D). Model Grafik 2D merupakan kombinasi dari model geometri (juga disebut sebagai grafik vektor), gambar digital (raster graphics), fungsi matematika, dan sebagainya. Komponen-komponen ini dapat dimodifikasi dan dimanipulasi oleh transformasi geometri dua dimensi, seperti translasi, rotasi, dan dilatasi.

Model-model yang digunakan pada disain grafis 2D biasanya tidak mendukung bentuk-bentuk tiga-dimensi, atau fenomena yang bersifat tiga dimensi, seperti pencahayaan, bayangan, pantulan, refraksi, dan sebagainya. Namun demikian, mereka dapat membuat model berlapis-lapis (layer); nyata, translusen, dan transparan, yang dapat ditumpuk dalam urutan tertentu. Urutan tersebut biasanya didefinisikan dengan angka (kedalaman lapisan, atau jarak dari si penglihat).

B. 3D
3 dimensi biasa disebut 3D atau adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Grafik 3 Dimensi merupakan teknik penggambaran yg berpatokan pada titik koordinat sumbu x(datar), sumbu y(tegak), dan sumbu z(miring).Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link).
Grafik 3D merupakan perkembangan dari grafik 2D. Didalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi.


Suatu objek rangka 3D apabila disinari dari arah tertentu akan membentuk bayangan pada permukaan gambar. Proses pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke dalam tiga fase, yaitu 3D modeling yang mendeskripsikan bentuk dari sebuah objek, layout dan animation yang mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah objek, dan 3D rendering yang memproduksi image dari objek tersebut.

Istilah atau Pengertian Grafik 3D adalah sebuah gambar,garis,lengkungan,dan sebagainya yang memiliki titik-titik yang menghubungkan menjadi sebuah bentuk 3D. Di dalam dunia game, 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.

Source :
http://linked4fun.blogspot.com/2013/01/objek-2d-dan-3d.html
http://ajigudboy.wordpress.com/2012/01/18/perbedaan-dan-karakteristik-antara-grafik-2-dimensi-dan-3-dimensi/
http://www.scribd.com/doc/61910941/Pengertian-Dari-Pixel