KOMPUTASI MODERN

Secara umum komputasi adalah ilmu yang memiliki model penyelesaiian masalah secara matematik dan teknik dalam numeric serta menggunggunakan computer untuk menganalisis dan memecahkan masalah masalah yang ada. Maka secara garis besar komputasi modern dapat di nyatakan dengan penyelesaiian masalah dengan menggunakan metode komputerisasi.
Implementasi komputasi modern dalam beberapa bidang :

Implementasi Komputasi Dalam Bidang Fisika.
Ilmu fisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang alam dalam makna yang luas, mempelajari gejala alam, atau materi lingkup ruang, waktu, dan hukum hokum seperti hokum kekekalan energy dan lainnya, implementasi komputasi dalam dunia fisika yakni untuk membantu para fisikawan dengan mudah mampu menyelesaikan permasalahan nya dalam bidang fisika.



Dalam fisika, berbagai teori yang berdasarkan permodelan matematika menyediakan prediksi yang akurat mengenai bagaimana sebuah sistem bergerak. Namun seringkali penggunaan permodelam matematika untuk sebuah sistem khusus yang bertujuan untuk menghasilkan prediksi yang bermanfaat tidak bisa dilakukan ketika itu. Hal ini terjadi karena solusi permasalahan tidak memiliki ekspresi bentuk tertutup (closed-form expression) atau terlalu rumit.

Fisika komputasi adalah subjek yang berhubungan dengan berbagai perkiraan numerik; perkiraan solusi yang ditulis sebagai sejumlah besar bilangan terbatas (finite) dari operasi matematika sederhana (algoritma), dan komputer digunakan untuk melakukan operasi tersebut dan menghitung solusi dan errornya

Implementasi Komputasi Dalam Bidang Kimia.
Ilmu Kimia merupakan salah satu cabang ilmu yangmempelajari mengenai hal hal yang bersangkutan dengan zat, molekul, struktur komposisi, sifat zat, hingga skala atom. Implementasi komputasi dalam bidang kimia secara garis besar dapat di katakana sebagai penerapan ilmu kimia ke dalam komputerisasi, guna mendapatkan hasil kimia yang dapat di terjemahkan kedalam komputer dengan menggunakan program program dan algortima komputer.



Kimiawan komputasi kebanyakan “sekedar” menggunakan program komputer dan metodologi yang ada dan menerapkannya untuk permasalahan kimia tertentu. Di antara sebagian besar waktu yang digunakan untuk hal tersebut, kimiawan komputasi juga dapat terlibat dalam pengembangan algoritma baru, maupun pemilihan teori kimia yang sesuai, agar diperoleh proses komputasi yang paling efisien dan akurat.


 Terdapat beberapa pendekatan yang dapat dilakukan:
  1. Kajian komputasi dapat dilakukan untuk menemukan titik awal untuk sintesis dalam laboratorium.
  2. Kajian komputasi dapat digunakan untuk menjelajahi mekanisme reaksi dan menjelaskan pengamatan pada reaksi di laboratorium.
  3. Kajian komputasi dapat digunakan untuk memahami sifat dan perubahan pada sistem makroskopis melalui simulasi yang berlandaskan hukum-hukum interaksi yang ada dalam sistem.

Implementasi Komputasi Dalam Bidang Matematika.



Matematika merupakan cabang Ilmu yang mempelajari tentang besaran, struktur, ruang dan perubahan , dan menggunakan angka angka untuk melakukan perhitungan. Implementasi komputasi dalam cabang ilmu matematika yakni keikut sertaan peran komputer dalam menyelesaikan permasalahan permasalahan komputer dalam ilmu matematika,
Mengingat pentingnya cabang ilmu matematika dalam kehidupan sehari hari kemudian komputasi memainkan peran yang semakin menguat, baik itu di ilmu pengetahuan, maupun di matematika. 

Implementasi Komputasi Dalam Bidang ekonomi.
Ilmu ekonomi merupakan cabagn ilmu yang mempelajari mengenai prilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran di dalamnya, inti dalam dasar ekonomi adalah tentang bagaimana ketidak seimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas, dan alat pemuas kebutuhan manusia yang jumlahnya terbatas.



Komputasi dalam bidang ekonomi secara garis besar yakni tentang bagaimana menyelesaikan masalah keseimbangan kenbutuhan manusia yang tidak terbatas dan jumlah alat pemuas kebutuhan manusia yang terbatas dengan menggunakan komputer.

pemrograman yang didesain khusus untuk komputasi ekonomi, dan pengembangan alat bantu dalam pendidikan komputasi ekonomi. Karena dibidang ekonomi pasti memiliki permasalahan yang harus dipecahkan oleh algoritma contohnya adalah memecahkan teori statistika untuk memecahkan permasalahan keuangan.

Salah satu contoh komputasi di bidang ekonomi adalah komputasi statistik. Komputasi statistik  adalah jurusan yang mempelajari teknik pengolahan data, membuat program, dan analisis data serta teknik penyusunan sistem informasi statistik seperti penyusunan basis data, komunikasi data, sistem jaringan, dan diseminasi data statistik.

Implementasi Komputasi Dalam Bidang Geologi


Geologi merupakan cabang Ilmu sains yang mempelajari tentang Bumi. Yakni komposisi, struktur , sifat sifat, sejarah dan proses, komputasi geologi umumnya di gunakan di bidang pertambangan  sebuah sistem komputer digunakan untuk menganalisa bahan-bahan mineral dan barang tambang yang terdapat di dalam tanah.

Implementasi Komputasi Dalam Bidang Geografi



Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan, dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik, dan manusia di atas permukaan bumi. Komputasi  dalam bidang geologi biasanya di gunakan untuk peramalan cuaca, di Indonesia khususnya ada salah satu instansi Negara dengan nama BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) yakni instansi negara yang meneliti mengamati tentang metereologi klimatologi kualitas udara dan geofisika supaya tetap sesuai dengan perundang undangan yang berlaku di Indonesia.


Contoh implementasi komputasi dalam dunia industry.

Setelah kita membaca dari beberapa contoh implemnetasi komputasi dari berbagai bidang, kini akan kita bahas salah satu bidang komputasi yang di implementasikan ke dalam dunia industry.  Salah satu contohnya adalah cabang komputasi dalam bidang Kimia.

Cabang komputasi di dalam bidang kimia di dalam dunia industry sangat membantu manusia khususnya dalam mempermudah menyelesaikan pekerjaan. Contohnya adalah Obat, obat merupakan campuran dari beberapa bahan bahan yang di maksudkan untuk mendiagnosis, mencegah, mengurangi dan menghilangkan penyembuhan penyakin atau gejala penyakit .

Pentingnya peran obat dalam kehidupan manusia, khususnya bagi yang sedang sakit, obat merupakan hasil dari produksi industry yang di buat dari campuran campuran bahan bahan yang telah melalui penelitian dan ujicoba dengan bahan bahan kimia, yang di bantu denganmenggunakan system komputerisasi dalam melakukan penelitian tersebut, sehingga mamput terbentuknya obat dan di gunakan sesuai kebutuhnnya dalam menyembuhkan penyakit manusia.